Wednesday, January 22, 2014

Honda Tiger Modifikasi Streetfighter Ala Minor Purwokerto

SALAM MODIFIKASI!

Popo R Alexander asal kota Medan mengubah tampilan motor Honda Tiger miliknya dengan menggusung konsep modifikasi Streetfighter yang dipadukan dengan beberapa moge lain. Poin utama ubahan ini menurutnya adalah memadukan custom bike dan minor purwokerto. Meskipun demikian pemilik mengungkapkan tidak secara keseluruhan mengkombinasikan dua gaya modifikasi tersebut. Misalnya pada bagian lampu depan menggunakan model custom bike eropa sedangkan untuk body minor purwokerto dan untuk bagian lainnya merupakan kombinasi campuran termasuk buatan tangan sendiri.
Honda Tiger Modifikasi Streetfighter
 Modifikasi Honda Tiger Streetfighter

Honda Tiger Modifikasi fighter
Modifikasi Honda Tiger fighter

“Alasan kenapa saya suka dengan aliran modifikasi streetfighter ekstrem adalah karena aliran ini menonjolkan kekekarannya. Jadi motor kelihatan kekar dari luarnya. Sampai-sampai orang gak kenal lagi kalau ini adalah Honda Tiger 1996. Dan ini membuat saya bangga.” Ungkap sang pemilik. Pemilik motor Modifikasi Tiger streetighter ini mengungkapkan untuk mengubah penampilan motor kesayangannya ini butuh waktu yang cukup lama yakni 2 tahun. Proses pengerjaan dilakukan pada tahun 2009 dan baru rampung (selesai) pada tahun 2011 kemarin.

Pemilik bernama lengkap Popo Alexander ini menjelaskan sudah dua kali mengubah tampilan motornya yakni salah satunya pernah menggusung konsep supermoto. “Waktu menggusung konsep supermoto saya belum menemukan hal yang sesuai dengan kepribadian saya sehingga pada tahun 2009 tersebut saya terus mencari gaya modifikasi yang sesuai. Setelah mendapat konsep body kemudian bagian dikaki-kaki.” Terangnya.

Menurut penjelasannya mengenai Modifikasi Honda Tiger 1996 ini yang pertama beliau persiapkan adalah pada bagian kaki-kaki dan aksesoris agar keseluruhannya selaras. Kemudian mengganti velg depan dengan ukuran 64 X 400, swing arm banana kumis, knalpot custom dan ban swallow ukuran 120/70/17 untuk depan dan ukuran 150/70/17 untuk ban belakang. “Setelah seluruh kaki-kaki sudah oke saya membuat body sendiri dari plat Galvanis.” Ujarnya.

Selain bagian kaki-kaki dan body untuk bagian jantung pacunya pun sudah diselaraskan dengan penampilan yang gahar yakni dengan mengganti suku cadang yang sudah tua agar mendapatkan kenyamanan saat perjalanan jauh. Maklum saja karena usia motor ini sudah sekitar 17 tahunan. Kendati motor ini sudah dimodifikasi secara total, beliau mengatakan masih merasakan kenyamanan dan masih layak digunakan bahkan diajak touring sekalipun.

“Biasanya lampu sepeda motor aliran street fighter memakai lampu motor gede tapi saya memilih menggunakan lampu kabut mobil karena saya beranggapan bahwa lampu itu sesuai dengan wilayah kota Medan. Dan kalau model tangki bahan bakar saya ambil dari konsep Minor Purwokerto. Dan untuk modal sendiri saya menghabiskan dana sekitar 15-20 juta.” Ujarnya.

Dan beberapa part yang diganti pada Custom bike ala Minor Purwokerto ini sebagai berikut :
-Pabrikan Honda tahun 1996 jenis Tiger
-Tema modifikasi streetfighter
-Tangki custom
-Upsidedown Yoshimura
-Headlamp variasi
-Spakbor depan variasi
-Spakbor belakang variasi
-Velg 65 X 400
-Arm Banana kumis
-Knalpot custom
-Ban depan Swallow 120/70/17
Belakang Swallow 150/70/17
-Double disk depan PSM
-Disk belakang variasi
-Kaliper depan milik Honda Tiger
-Kaliper belakang variasi
-Spakbor kolong variasi
-Stang custom
-Handle Ride It
-Spion variasi
-Under ban variasi
-Sok YSS.

Catatan :gambar yang disertakan diatas bukan gambar aslinya

SALAM MODIFIKASI!

-           Sumber informasi : koran tribun sumut bikers
       Sumber gambar :  accorpsperdu.blogspot.com dan freedom-motor-modification.blogspot.com



Artikel Terkait Honda ,Modifikasi ,StreetFighter ,Tiger

0 comments: