Friday, October 18, 2013

Minerva GTR 170 Beserta Kelemahan dan Kelebihannya

SALAM MODIFIKASI!

Minerva GTR 170 merupakan motor skutik keluaran terbaru setelah GTR 150 asal Jerman. Skutik yang punya body gambot ini berbeda dengan produk Minerva yang lain. Jika produk Minerva biasanya punya harga yang bersaing murah, bahkan bisa dua kali lipat jika dibandingkan dengan saingannya seperti Minerva 150R dengan CBR 150 2007. Motor matic sport ini dijual dengan harga berkisar 21 juta rupiah, waah beda betul dengan produk yang lain. Jika dari segi tampilannya memang berkesan sport, bisa dilihat seperti piringan, jok terpisah (split seat) dan rangka tubular.

Minerva GTR 170 Minerva GTR 170 New
Minerva GTR 170 Tampak Depan



Minerva GTR 170 Minerva GTR 170 bawah
Minerva GTR 170 Detail Onderdil

Spesifikasi Minerva GTR 170

Sebuah keputusan besar yang dibuat dengan harga GTR 170 yang diatas 20 juta, dan bersaing harga dengan pulsar, dan megapro. Jika skutik asal Jepang yang saat ini bersaing rata-rata dikelas 115 dan 125, maka inilah yang membuatnya berbeda. Sebenarnya kepercayaan konsumen pada pabrikan ini sudah mulai tumbuh, namun beberapa kendala masih belum tertutupi secara kontan. Seperti spareparts, dan bengkel resmi Minerva sendiri masih tergolong minim di tanah air.

Ini adalah gebrakan dari Minerva sendiri yang secara berturut turut meluncurkan produk sperti sebelumnya meluncurkan motor sport 250 Cc full fairing.

Ini bisa saja menjadi diantara kabar baik dan kabar buruk, kenapa saya bilang begitu, dengan fakta yakni kecepatan dari motor Matic Sport GTR 170 ini mampu menembus 115 Km/jam. Dan ditambah lagi dengan desain yang sangar, bisa menjadi primadona konsumen, dan bisa saja menjadi kabar buruk jika harga diatas tidak sebanding dengan ferforma dan ketahanan dari motor ini sendiri.

Kelebihan Minerva GTR 170

Setelah test ride pertama pada motor ini, memang sudah bisa saya tuliskan sedikit mengenai kelebihannya:
  1. Skutik GTR 170 CC ini memang luar biasa yakni mencapai 115 Km/jam, tidak seperti matic pada umumnya, ini wajar saja memang dengan mesin yang dipakai adalah 170 CC, tarikan pertama memang cukup berat, bahkan sempat ragu, namun ketika diatas 30, 40, sampai 50 keatas baru terasa dahsyatnya.
  2. Jok yang lebar menjadi keunggulan nya yang kedua, yakni jok yang lebar membuat terasa nyaman saat berkendara, walaupun perjalanan jauh tidak akan terasa cepat pegal-pegal, ini ditambah dengan stang yang pas dan nyaman.
  3. Tidak limbung, ini merupakan kelemahan yang sering saya jumpai pada motor matic lain, bahkan sports. Namun kestabilan walau berkendara kencang tetap terjaga. Saya rasa ini adalah efek dari bodynya yang besar, sehingga lebih pas jika berkendara kuencang.
  4. Irit BBM, hal yang saya rasa terbalik ketika melihat body gambotnya. Ternyata, walau body yang bisa dibilang cukup besar untuk kelas matic, namun motor Matic GTR 170 ini tidak terlalu boros bahkan irit. Saya memang tidak mengukurnya, namun say abaca dari artikel lain, katanya hanya menghabiskan 4,5 liter untuk perjalanan 180 Km, gimana hebat kan?

    Kekurangan Minerva GTR 170

    Namun kelemahan juga pasti ada dong, ini dia:
  1. Harga, masalah harga memang sebuah masalah yang sering menjadi kendala pada larisnya suatu produk. Namun bukan karena itu saja, saya menghawatirkan harga yang cukup mahal itu yakni 21 jutaan tidak sebanding dengan kwalitasnya, tapi kalau oke sih, gak masalah kan ada motor yang bahkan diatas ratusan juta, hehehe.
  2. Suku cadang, hal ini juga sering menjadi kendala produk Minerva, yang belum sebanyak bengkel motor Jepang. Kesulitan mencari bengkel resmi dan sparepartnya adalah hal yang perlu diperkirakan jika ingin memilih suatu produk. Kalau tidak, bisa saja motor baru nongkrong dirumah aja.
  3. Pijakan, kendala berikutnya adalah pada pijakan yang kecil atau sempit, sehingga kaki tidak bisa bergerak bebas seperti matic biasanya yang menyediakan pijakan yang luas, ini dikarenakan konsep GTR 170 Minerva ini adalah skutik sports.
Sekian dulu pembahasan kali ini tentang Minerva Matic Sport GTR 170, bagaimana pendapat anda tentang motor ini? Ditunggu Komentarnya!

SALAM MODIFIKASI!

Artikel Terkait GTR 170 ,Minerva

0 comments: