Wednesday, May 8, 2013

Honda CBR 150R Versi Lama, Beserta Kelemahan dan Kelebihannya

SALAM MODIFIKASI,,,,

   Produsen sepeda motor sayap mengepak memang sudah memproduksi Honda sport CBR beberapa tahun  yang lalu yakni mulai tahun 2005 sampai sekarang. Dan kali ini kita akan membahas Honda CBR 150R Versi Lama ya sob. Pada tahun keluarannya pada tahun 2005-2007, sepeda motor ini memang masih menggunakan fairing yang tipis dan kelihatan kecil, dan pada peluncurannya ahir tahun 2010 yang lalu, baru Honda CBR sudah menggunakan full fairing yang sama persis mirip dengan Honda CBR 250R 2013. Pada CBR versi lama, memang ada satu produsen Germany yang saat itu juga meluncurkan produknya yang mirip dengan motor ini yakni Minerva 150R, yang juga sama-sama menggunakan tenaga 150 cc.

   Yang membuat Honda sedikit kewalahan dengan adanya saingan barunya ini adalah karna pada Minerva, mereka sanggup menjual jauh lebih murah dibandingkan Honda, yakni hampir dua kali lipat di bawah Honda CBR old ini. yakni pada awal masuk di thailand pada tahun 2002 dan pada tahun 2003 baru masuk Indonesia dengan kisaran harga 30 jutaan. Padahal Minerva hanya dijual dengan harga 16 juta rupiah untuk tahun 2007. Kan terlihat jauh perbedaannya, tapi kalau ditanya soal kwalitas, memang tidak sebanding juga bro karena salah satu kelemahan pabrikan Germany ini adalah sparepart nya yang sulit untuk dijumpai. Hanya tersedia di kota besar.

   Persamaan antara kedua motor ini dari segi body memang sangat mirip, kalau tidak percaya, lihat aja perbedaannya dibawah ini, tapi kalau segi ferformance gak usah ragu bro karena Honda masih jauh lebih unggul. Namun Honda juga mengalami beberapa kendala atau kelemahan, pada Honda CBR 2007 dan semoga pada peluncurannya tahun 2010 tidak ada kendala ya, juga kita bahas dibawah ini. 
Honda CBR 150R 2007

Minerva CBR 150R 2007  

Coba anda perhatikan, dimana letak perbedaan antara kedua motor ini, kedua motor ini sangat mirip sekali bukan?, tapi kalau soal harga Honda jauh diatas yakni 21 juta. Tapi seimbang juga sob dengan ferformance nya. Tapi menurut saya, Honda CBR 150R ini punya kelemahan bro, mari kita bahas sama-sama.

  Kelemahan dan Kelebihan Honda CBR tahun 2007:

Beberapa kelemahan dari motor ini adalah,
1. Lampu depan atau lampu tembak yang kurang terang, padahal sudah menggunakan bohlam dua sekaligus, namun masih kurang juga, dan saya pernah kesal bawa motor cbr tahun 2007 saya jalan malam. Wah lampunya redup-redup, bahkan serasa sama saja pakai lampu dengan tidak. Dan cara pintasnya, saya langsung ganti besoknya dengan bohlam yang memiliki watt yang lebih tinggi.

2. Mesin yang termasuk cepat panas, pada kemacetan dikota-kota besar seperti halnya Medan, mesin 1 1/2 kali lebih cepat panas dibandingkan motor sport kelas 150cc yang lain. Saat saya bilang ke bengkel resmi Honda, katanya ini adalah hal yang wajar. Satu hal yang membuat mesin motor ini cepat panas adalah knalpotnya yang punya lobang yang kecil sehingga pengeluaran panas dari mesin tidak dikeluarkan secara maksimal dan berakibat panas pembakaran yang dihasilkan mesin bertumpuk didalam mesin sehingga lebih cepat panas. Apalagi motor ini masih menggunakan pembakaran menggunakan karbu non Injeksi Honda yakni PGM-FI.

3. Payah menemukan gigi netralnya, biasanya kalau motor biasanya yang menggunakan kopling gampang ketemu gigi netral, tapi berbeda dengan motor ini. Kalau ingin me netralkan CBR ini, harus secara pelan dan pakai perasaan. kalau terlalu keras saat menekannya, bisa lompat menjadi gigi 5. Hal ini ada pada motor Honda Supra XX milik teman saya, tapi hal ini terjadi pada motor bebek ini karena sudah rusak ya bro, hehehehehe.

Kelebihan dari Honda CBR 150 Old ini adalah:

1. Fermormance dari motor ini termasuk tinggi bro, bahkan saya pernah uji coba dengan vixion teman saya, untuk test ride. Gak kalah, bahkan lebih unggul motor ini bro. Masih pada percepatan 3 saja, sudah mendapat kecepatan lebih dari 100 Km/jam. Padahal pada motor bebek Honda seperti Supra, percepatan 4 baru dapat kecepatan lebih dari 100 Km/jam, dan juga tidak standard.

2. Sudah menggunakan shock tunggal atau monoshock, membuat redaman yang terjadi jika kena benturan pada jalan berlobang ataupun polisi tidur tidak pala terasa bagi si pengemudi dan yang dibonceng. dan juga dengan type rangka deltabox membuat cengkraman mesin pada rangka lebih kokoh, juga punya body yang mantap. Tanpa modifiaksi lagi, kita sudah punya motorsport Honda yang keren.

3. Termasuk irit BBM dengan perbandingan 1 liter : 40 Km. Jauh lebih irit jika dibandingkan dengan Mega Pro sekalipun dari pabrikan Honda. Hal ini terjadi karena kompresi (tekanan pada ruang tangki). Rasio kompresi itu perbandingan volume pada saat piston di titik mati bawah (TMB) atau terjauh dari kepala silinder dengan volume saat piston di titik mati atas (TMA) atau terdekat dari kepala silinder. pada CBR 2007 ini sebesar 11:1. Padahal beberapa motor lain yang masih konvensional biasanya masih di 9:1. Keiritan motor ini masih di atas beberapa produk matic Honda sekalupu. Apalagi kalau dibanding dengan Vixion, motor ini lebih irit bro. Salah satu yang membuatnya lebih irit dibandingkan dengan Vixion adalah berat badannya, karena berat kosong Honda CBR ini lebih ringan jika dibandingkan dengan Vixion sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan sepeda motor ini lebih kecil sehingga berakibat pada keiritan BBM pada sebuah motor.

   Sekian dulu pembahasan mengenai CBR 150R Versi Lama, beserta kelamahan dan kelebihannya juga sudah kita bahas, sekarang saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda, terima kasih...


SALAM MODIFIKASI....... 

Artikel Terkait CBR ,Honda

24 comments:

Marsela Perry said...

Tapi kenapa ya, koq banyak kali produsen sepeda motor yang nyontex???. contohnya minerva, dan juga Viar Vix R150...

Anonymous said...

ada harga ada rupa gan...
yg jelas kalo sampe ditiru berarti mmg bener" bukan sembarang motor aslinya :D

Anonymous said...

Gan itu harga motor cbr 150 R versi lama 21jt di tahun 2013 ini gan?

Supriadi lingga said...

kalau untuk harga CBR 150R versi lama di tahun 2013 ini, tidak sama gan, itu melihat kelengkapan, kondisi, maupun tempatnya gan,,, thanks

jatnika septiawan said...

Peraaaan cbr dlu pas tahun"nya keluar di atas 30 trus bro..
Dan motor ini malah jauh lbh irit dri honda beat seklaipun..
Ga percaya?tanya saja pd user"nya..
Bisa menyentuh 1 : 40 dgn kondisi yg baik dan std..
Bahkan saya menyentuh 3 sentuhan yakni pengapian.karbu konven dan knalpot saja menembus 1 : 42

Anonymous said...

Ente asal nulis ya.. CBR Old diproduksi thailand sjk 2002-2010, masuk indo di 2003. Dan harga barunya 30an jt. Ga' ada cerita hrg CBR 21jt kebawah.. Jgn2 ente beli second ya.??

Anonymous said...

maaf meluruskan, bener sepeda motor cbr perbandingan kompresinya 11:1, ini bahan bakarnya pun sudah harus pertamax plus, kalau motor lain ya tidak sampai 11:1, misal supra x 125 9,5:1 cs1 10,7:1, fu 10,2:1 dll, jadi kalau sampai 30:1 itu motor apa ya?kelihatannya ga ada dan kalau ada mau dikasih bahan bakar apa?diesel saja cuma 18:1...mohon koreksi.trims

Supriadi lingga said...

Maaf atas kesalahan yang terjadi ya.
Saya coba kasih jawaban yang lebih sistematis tapi santai.

=> Honda CBR 150 itu punya rasio kompresi 11:1 (dari sumber terpercaya : http://www.kredit-motor.com/honda_cbr150...

=> Rasio kompresi itu perbandingan volume pada saat piston di titik mati bawah (TMB) atau terjauh dari kepala silinder dengan volume saat piston di titik mati atas (TMA) atau terdekat dari kepala silinder.

=> Beberapa motor lain yang masih konvensional biasanya masih di 9:1

=> Kompresi yang lebih tinggi membuat suhu & tekanan akhir saat kompresi atau pada saat piston bergerak dari posisi TMB ke TMA lebih tinggi pula. Bayangkan anda mengepit pisang goreng yang masih panas di ketiak anda, mana yang akan lebih panas 9 pisang goreng atau 10, 11, atau lebih banyak pisang goreng panas di ketiak anda? otomatis anda akan merasakan panas dan tekanan yang lebih kuat ketika semakin banyak pisang goreng panas yang anda kepit di ketiak anda :)

=> Nah, masalahnya sekarang, bagaimana pisang goreng tadi anda inginkan benar2 pecah tepat saat anda mengepitkan secara penuh ketiak anda dan anda ga mau ada pisang goreng yang pecah terlalu cepat sebelum ketiak anda benar2 mengepit penuh.

=> Oleh sebab itu mesin berkompresi tinggi harus diakomodir oleh bahan bakar yang tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi pula. Maksutnya adalah agar bahan bakar tadi tidak terlalu cepat terbakar sebelum kita inginkan dia memulai pembakaran (yaitu di akhir langkah kompresi tadi).

=> Dan bahan bakar yang mengakomodir mesin berkompresi tinggi adalah Pertamax dan Pertamax Plus. Pertamax untuk rentang 9:1 hingga 10:1 sedangkan Pertamax Plus untuk 10:1 hingga 11:1. Meskipun saya tidak bahas secara dalam, hal itu disebabkan karena bilangan oktan Pertamax dan Pertamax Plus lebih tinggi dari Premium. Premium = 88 ; Pertamax = 92 ; Pertamax Plus = 95.

=> Bilangan oktan adalah bilangan yang menunjukkan karakter di mana bahan bakar tadi melepas ikatan oktet (bahasa kimia) pada suhu dan tekanan tertentu.

=> Kembali ke mesin aja ya.

=> Nah kalo kompresi tinggi dipaksakan pakai bahan bakar oktan rendah, yang terjadi adalah bahan bakar tadi terbakar terlalu cepat sebelum mencapai akhir langkah kompresi. Mengakibatkan piston seolah ditekan dari 2 arah berlawanan yang satu dorongan dari putaran mesin yang satu lagi dari ledakan terlalu cepat tadi. Memang tidak ekstrim sampai membuat piston berbalik arah atau berhenti, tapi ini sudah cukup menunjukkan bahwa yang semestinya piston dengan lebih leluasa melakukan kompresi ternyata malah dihalangi oleh pembakaran yang terlalu cepat.

=> Efek ekstrim jangka panjang piston bisa rusak (lecet, retak, bolong, dsm) ada kemungkinan juga bagian-bagian lain seperti ring piston dan dinding blok juga bisa rusak. Namun ini ga secepat anda bayangkan (semisal anda isi Premium langsung rusak, tidak). Yang terjadi seperti itu jika anda pake motor kompresi tinggi terus anda paksakan pake Premium terus anda bawa motor digeber2 terus di RPM puncak dan itu anda teruskan hingga terus-menerus (bulanan, tahunan, dsm). Saya yakin ga hanya lecet & retak, bahkan yang saya bilang bolong pun bisa terjadi. Tapi kalo anda darurat terus harus isi Premium anda bawa motor biasa2 ya ga masalah.

=> Jadi usahakan isilah bahan bakar pada kendaraan sesuai dengan kompresinya. Jadi kalo CBR 150 kan 11:1 ya kalo anda suka maenin peformanya terus anda punya dana lebih ya minimal pake Pertamax atau yang sesuai dengan rentangnya yaitu Pertamax Plus (10:1 hingga 11:1). Tapi kalo anda ada keterbatasan karena faktor tertentu dan tidak bisa beli BBM non subsidi tersebut, ya ok lah pake Premium, tapi saya sarankan bawa motornya jangan dibuat balap, dsb ntar bisa terjadi yang saya bilang.

=> Kira2 sudah cukup menjelaskan tidak ya :) ?

=> Setahu saya demikian, semoga membantu

Supriadi lingga said...

Saya mengucapkan terima kasih atas koreksi dan komentar anda yang baik...

Wahyudin Pery said...

maap mau tanya...ada ga,cbr yg kluran 2013 yg rspsol....

Supriadi lingga said...

OO, ada lah bang.. 150, 250, 500, 650 dan 1000 pun ada... thanks

Kelyk Mega valence said...

Maaf mau Tanya. Cbr 150 thn 2010 brrpa ya klo barunya...? Mkasih y

Supriadi lingga said...

Kalau harga bekas mungkin di bawah 30 juta, itupun melihat kelengkapan dan kondisi motor. dan untuk CBR150R Old 2010, ini mencapai harga mendekati 40 jutaan. Ini dikarenakan motor ini termasuk produk langka dan susah dicari. trims...

Anonymous said...

HadooooooH... Padahal pgn bgt pnya motor CBR thailand..
Tp harga'a ngebaCoK. !!!

Anonymous said...

emang bedanya cbr biasa sama cbr thailand apa ya gan ?

Anonymous said...

kalo tiger bagusnya pake bensin jenis apa brow . Trus kompresinya kira" brp banding brp .

Anonymous said...

kalo misal cbr pnya ane . Ane isi pake shell, bgus mne noktannya dbnding ama pertamax

april depp said...

Gan tolong ane dong.., itu CBR 150r tipe lama ku, kalo tangkinya kena air, pasti air nya masuk ke kalburator,, itu cara naganinya gmna ya,,, apa dilas aj tu tangki sampingnya,, klo bsa bntu tlg sms kesini ya gan 0898 668 4 665

Supriadi lingga said...

Apa bukan karna saluran pembuangan nya tersumbat?

irul said...

gan knp cbr qu suaranya bledos" saat gasnya q lepas,,,,,,

Supriadi lingga said...

Bang irul@ itu mungkin saja pengaruh busi kotor atapun karburator kotor bang,,, :)

angga rizky said...

Stok CBR 150 yg lma masih d g bos didiler resmi hoNda

Supriadi lingga said...

Kalau soal itu saya kurang tau mas angga, Menurut ane pribadi masih ada, cuma untuk pajangan aja bro...

Anonymous said...

Bang. Knapa motor cbr ane radiator nya cpt panas ya. Bang, ?